Ragam Tulisan

Jumat, 09 Desember 2011

Resensi Film : Petualangan Sherina



Detail Film :
1
Judul
:
Petualangan Sherina
2
Produksi
:
Miles Film
3
Tahun
:
2000
4
Genre
:
Drama
5
Sutradara
:
Riri Riza
6
Penulis Skenario
:
Jujur Prananto
7
Pemain
:
Sherina Munaf, Derby Romero, Didi Petet, Mathias Muchus

Saya menulis resensi film ini karena sudah lama tidak melihat film Indonesia yang khusus diperuntukkan bagi keluarga. Ditengah produksi film Indonesia yang bertema horror dan itu-itu saja, kangen rasanya ada film yang bertema keluarga seperti “Petualangan Sherina” ini. Selain itu, saya mengangkat film ini karena memang film ini adalah film yang paling sering saya tonton di bioskop. Tak kurang dari tujuh kali saya menontonnya. Seru dan tidak membosankan... berikut sinopsinya..
Cerita film ini mengisahkan Sherina (Sherina Munaf) seorang gadis cilik yang cerdik dan energik harus berpindah tempat ke Bandung Utara karena mengikuti orangtua Sherina yaitu pak Darmawan (Mathias Muchus) yang diterima bekerja di lahan pertanian keluarga Ardiwilaga (Didi Petet).
Di sekolahnya yang baru, Sherina mendapatkan musuh yaitu Sadam (Derby Romero) yang ternyata anak dari keluarga Ardiwilaga. Walaupun mereka bermusuhan, namun dalam hati kecil Sherina terbersit keingintahuan kenapa Sadam bisa mempunyai perangai nakal seperti itu.
Konflik dalam film ini memuncak ketika Sherina yang diajak Sadam untuk berkeliling perkebunan milik orang tuanya, diharuskan berhadapan dengan komplotan penjahat pimpinan Pak Raden (Butet Kertaradjasa) yang merupakan orang suruhan seorang pengusaha licik bernama Kertarajasa (Djajuk Ferianto) untuk menculik anak Ardiwilaga sebagai cara untuk memuluskan kerajaan propertinya yang dihalangi oleh pertanian milik Ardiwilaga. Sherina dan Sadam pun menjalin persahabatan dan terlibat sebuah petualangan seru yang betul-betul menguji kecerdikan dan keberanian mereka untuk lolos dari jeratan para penculik dan menyelamatkan pertanian keluarga Ardiwilaga dari pengusaha licik Kertarajasa.
Film ini merupakan film yang ringan dengan alur yang sederhana, namun dalam film ini sungguh mengandung banyak pesan moral. Contohnya, kita diajari tentang nilai-nilai kerjasama dan persahabatan. Bahkan ada sebuah kutipan dalam film ini yang sangat mengena bagi saya, yaitu : “Akankah kamu membantu musuhmu bila dia berada dalam bahaya? “

Tidak ada komentar: