Ragam Tulisan

Sabtu, 03 Desember 2011

Menggapai Ridha Allah dengan Berbakti kepada Orang Tua


Surabaya, 04 Desember 2011
            Setiap  manusia yang dilahirkan ke muka bumi ini pasti mempunyai orang tua. Mereka merupakan orang yang paling berjasa dalam hidup kita. Sang Ibu yang tak mengenal lelah mendidik dan membesarkan kita, serta Sang Ayah yang bekerja membanting tulang untuk dapat memeberikan yang terbaik bagi anaknya. Oleh karena itu, bersyukurlah kita telah dikaruniakan orang tua yang menyayangi kita. Sebagai anak, seyogyanya kita dapat membalas semua kebaikan mereka. Namun, ternyata tak banyak anak yang berbakti kepada orang tuanya. Bahkan, tak sedikit anak yang tidak mau mengakui orang tuanya. Ironis memang, orang tua yang bersedia kehilangan nyawa untuk membesarkan anaknya, namun mendapatkan perlakukan yang tidak semestinya oleh darah dagingnya sendiri.

             Begitu besar jasa orang tua, hingga Allah SWT menyuruh kita untuk berbakti kepada kedua orang tua yang disebutkan dalam surat Al-Isra ayat 23-24 : “Dan Rabb-mu telah memerintahkan kpd manusia janganlah ia beribadah melainkan ha kpdNya dan hendaklah beruntuk baik kpd kedua orang tua dgn sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari kedua atau kedua-dua telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kpd kedua ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya. Dan katakanlah kpd kedua perkataan yg mulia dan rendahkanlah dirimu terhadap kedua dgn penuh kasih sayg. Dan katakanlah, “Wahai Rabb-ku saygilah kedua sebagaimana kedua menyaygiku di waktu kecil”
           




Adapun penjelasan dari ayat tersebut adalah sebagai berikut :
  A. Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua          
1
Amalan yang paling utama adalah berbakti kepada kedua orang tua. Sebagaimana hadist Rasuluillah SAW: “Amalan yang paling utama adalah sholat pada waktunya, berbakti kepada kedua orang tua dan berjihad di jalan Allah.”
2
Ridho Allah SWT bergantung kepada ridho kedua orang tua. Dalam kaitannya berarti murka Alloh SWT bergantung juga kepada murka kedua orang tua.
3
Dengan berbakti kepada kedua orang tua, maka akan dihindarkan dari kesulitan serta diberikan kekuatan dan kemudahan dalam menjalani hidup.
4
Berbakti kepada kedua orang tua akan diluaskan rezeki dan dipanjangkan umur. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW: “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan usianya, maka hendaklah ia menyambung silaturahminya.”
5
Berbakti kepada kedua orang tua akan membawa kita masuk surga.

   B. Bentuk-bentuk Berbakti kepada Orang Tua                       
1
Bergaul dengan kedua orang tua dengan cara yang baik
2
Berkata kepada mereka dengan perkataan lemah dan lembut
3
Tawadhu atau rendah hati kepada mereka walaupun kita sudah sukses
4
Memberikan sebagian harta kita. Ingat harta kita adalah harta mereka juga, bukan sebaliknya
5
Mendo’akan kedua orang tua

   C. Perbuatan yang termasuk Durhaka kepada Orang Tua       
1
Menimbulkan gangguan yang akan membuat orang tua kita sedih atau sakit hati
2
Tidak memenuhi panggilan orang tua
3
Membentak orang tua
4
Pelit atau kikir terhadapa kedua orang tua
5
Menyuruh orang tua layaknya pembantu
6
Cemberut dan merendahkan orang tua
7
Menyebutkan aib kedua orang tua di depan umum
8
Lebih mentaati isteri daripada orang tua
9
Malu untuk mengakui orang tua sendiri
  D. Berbakti kepada Orang Tua ketika Mereka Telah Meninggal Dunia
1
Memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang kita perbuat terhadap orang tua
2
Mensholatkan dan mengantar jenazahnya ke kubur
3
Memohon ampunan bagi kedua orang tua
4
Membayarkan hutang-hutangnya
5
Melaksanakan wasiatnya yang sesuai syariat
6
Menyambung silaturahmi dengan orang-orang yang dulu menyambung silaturahmi dengan orang tua kita

Demikian beberapa penjelasan mengenai berbakti kepada orang tua. Walaupun menurut saya, semua yang kita laksanakan dalam rangka membalas kebaikan orang tua ini tidak akan pernah cukup untuk dapat membalas semua kebaikan orang tua. Seperti kata pepatah: ”Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang tangga”. Oleh karena itu sudah selayaknya apabila kita tidak pernah meremehkan orang tua, karena melalui mereka kita dapat menggapai surga. Insya Alloh....

1 komentar:

hamba allah mengatakan...

Tiada keramat yang ampuh di dunia selain doa ibu mu jua