Ragam Tulisan

Jumat, 02 Desember 2011

KIAT SUKSES UJIAN PERGURUAN TINGGI


KIAT SUKSES UJIAN PERGURUAN TINGGI

Surabaya, 02 Desember 2011
            
  Sebagai mahasiswa kita pasti pernah mengalami perjuangan untuk menghadapi ujian masuk ke perguruan tinggi yang kita inginkan. Ujian tersebut merupakan sebuah syarat untuk memasuki gerbang dunia perkuliahan yang tentunya diharapkan ketika kita lulus dari sana akan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai orang yang berpendidikan.
Seorang intelek tentu saja tidak dapat melepaskan diri dari proses belajar. Proses ini tentu sangat berpengaruh terhadap kompetensi kita dalam kehiduan nyata khususnya di dunia nyata. Sayangnya proses belajar ini hanya dilakukan sebagai ritual mencari ilmu belaka. Ilmu akan berguna apabila diterapkan atau diamalkan. Ilmu juga dapat diamalkan apabila si empunya ilmu mengetahui kompetensi yang dia miliki dan mengenali medan yang akan dia arungi. Berikut ini adalah beberapa kiat khusus agar anda mempunyai peluang lebih baik dalam masuk ke perguruan tinggi:

  1. KENALI DALAMNYA SUNGAI
Apabila kita disuruh untuk menyebrangi sebuah sungai. Maka agar kita bisa selamat saat menyebranginya, kita perlu untuk mengetahui kondisi sungai tersebut. Seperti mengetahui kedalaman sungai, hewan yang hidup disana, derasnya arus dan lain-lain.
Begitu juga dalam memasuki dunia perguruan tinggi. Misalnya anda akan masuk ke ITS, maka sebelum menentukan diri untuk masuk ke ITS, sebaiknya anda mengenali dulu apakah ITS itu, bagaimana sistem perkuliahannya hingga akan menjadi apa anda saat lulus ITS nanti. Singkat kata, semakin banyak informasi yang kita dapatkan, maka semakin kita percaya diri dalam menyebrangi sungai tersebut
.
  1. KENALI POTENSI DIRI
Di dalam setiap diri manusia pasti telah diberikan anugerah berupa kelebihan masing-masing dalam menjalani kehidupan khususnya dalam proses belajar. Bagi yang pernah menjalani tes psikotes, pasti pernah diberitahu seperti apa karakteristik anda berdasarkan modal yang anda miliki. Berdasarkan jenisnya, anugerah tersebut dibagi menjadi :
  1. Minat
Minat adalah sebuah perhatian lebih, atau kecenderungan seseorang dalam melakukan sesuatu yang dia sukai. Misalnya ada orang yang mempunyai minat dalam olahraga, atau sains, dsb. Namun yang lebih dominan adalah kemauan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.
  1. Bakat
Bakat merupakan kemampuan dasar seseorang. Kemampuan ini memang sudah ada dalam diri seseorang. Karena bakat merupakan sesuatu yang unik, maka pasti setiap orang mempunyai bakatnya masing-masing dan seyogyanya harus terus diasah dan dimanfaatkan dalam meraih kesuksesan.
  1. Kemampuan
Kemampuan merupakan sebuah tingkatan usaha seseorang. Namun kemampuan akan selalu dapat ditingkatkan dengan cara melatihnya. Semakin banyak berlatih dan belajar, maka kemampuan akan semakin meningkat.
Dari ketiga potensi di atas, kemampuan merupakan faktor terpenting dalam meraih kesuksesan. Seseorang yang hanya mengandalkan minat dan bakatnya saja tanpa mengandalkan kemampuan maka mustahil kesuksesan akan menghampirinya.

  1. PERSIAPKAN OPTIMAL MENUJU UJIAN
Ketiga anda menghadapi sebuah ujian misalnya dalam SNM-PTN, pasti anda akan menghadapi banyak pesaing. Bisa dibayangkan beribu-ribu orang berkompetisi untuk bisa masuk ke perguruan tingi yang diidam-idamkannya. Sayangnya, semua kompetensi yang anda miliki ditentukan hanya beberapa hari dalam sebuah ujian masuk SNM-PTN. Sehingga walaupun anda telah berusaha keras belajar setiap hari, namun perhatian lebih harus anda berikan pada saat-saat ujian sebagai penentu keberhasilan anda masuk ke perguruan tinggi. Berikut adalah kiat-kiatnya :
  1. Persiapkan kondisi fisik dan mental anda dengan cukup istirahat pada malam sebelum ujian.
  2. Jangan ada begadang karena Sistem Kebut Semalam karena hal intu hanya akan membuat anda resah
  3. Persiapkanlah semua peralatan yang akan anda pergunakan saat ujian pada malam sebelumnya. Seperti pensil 2b, penghapus karet, dll. Jangan sampai ada yang ketinggalan
  4. Sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu lokasi ujian anda pada hari sebelum ujian. Jangan sampai pada hari ujian anda sibuk mencari-cari lokasi dimana anda akan melaksanakan ujian.
  5. Isi terlebih dahulu identitas anda sebelum mengerjakan soal
  6. Kerjakan soal dengan tenang dan dahulukan untuk mengerjakan soal yang lebih mudah

  1. DO’A ADALAH PENYEMPURNA USAHA
Terakhir namun bukan terendah. Kita harus menyadari bahwa semua yang kita lakukan tidak terlepas dari kuasa Tuhan. Oleh karena itu, perbanyaklah berdo’a mengharapkan yang terbaik. Berdo’a diberikan kekuatan dalam menghadapi ujian dan diberikan kemudahan dalam menjawab soal serta diberikan hasil yang terbaik. Sehingga anda akan tetap berbesar hati walaupun anda belum diterima di perguruan tinggi yang anda inginkan walaupun telah berusaha maksimal. Hikmahnya, Tuhan pasti telah mempersiapkan sesuatu yang lebih baik untuk anda.

Demikian beberapa kiat dari saya agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi proses ujian. Satu hal yang ingin saya sampaikan, kiat-kiat ini tidak dapat memastikan anda untuk sukses dalam ujian, namun setidaknya dengan persiapan matang dan strategi yang baik akan meningkatkan peluang anda dalam keberhasilan ujian. Semoga bermanfaat..

3 komentar:

Aldo K. Wachyudi mengatakan...

Mantap kang tips2nya.
Moga UAS matematika diskrit ntar lancar ya :D

Unknown mengatakan...

Amin. Moga nggak dapet 2,6 lagi
Minim B. :D

Aa Hafidz mengatakan...

@ Aldo : Thanks yaah....
@ Brigitta : Saya juga remed koq... Smoga ini yang terakhir...