Ragam Tulisan

Sabtu, 29 Oktober 2011

Membangun Sebuah Pernikahan


 Surabaya, 29 Oktober 2011
Setiap manusia pasti mendambakan mempunyai pasangan yang sah yang diikat melalui sebuah pernikahan. Pernikahan merupakan momen sakral yang tidak hanya menjadi awal penyatuan dua insan, namun juga sebagai pintu gerbang untuk memasuki lautan kehidupan yang berbeda, yaitu kehidupan berumah tangga.
Menyatukan sifat dan keinginan dua manusia yang berbeda bukanlah sesuatu hal yang mudah. Disini setiap pasangan dituntut untuk dapat saling bekerja sama, saling memahami,  dan saling mencintai agar biduk rumah tangga yang telah mereka bangun berhasil mengarungi lautan pernikahan. Namun tak sedikit pula pasangan yang karam biduk rumah tangganya sehingga mereka lebih memilih proses berpisah dengan cara bercerai.
Setiap Lelaki Sholeh pasti mendambakan wanita sholehah yang kelak akan menjadi pendampingnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarga, anak dan istri. Pemimpin yang menentukan arah keluarga akan dibina serta menafkahi secara lahir dan batin. Bukan tugas yang mudah memang, namun setidaknya dia harus dapat mengikhtiarkan calon pasangan yang baik dan terbaik bagi dirinya. Dan ketika lelaki itu menemukan wanita yang dipilihkan Allah SWT untuknya, maka ia berkata:
"Ketika saya menikah nanti.... Saya ingin menjadi istimewa di matanya, dapat membuat binar pelangi kebahagiaan yang tulus di wajahnya, dapat membumikan cinta ke dalam hatinya dan dengan senyum tulusnya pula, dia mampu membuat hati saya bergetar penuh syukur keharuan akan anugerah terindah-Nya..."
 Setiap pasangan seyogyanya telah memahami bagaimana membangun nilai-nilai pernikahan agar kelak pasangan tersebut dapat membangun keluarga yang Sakinah, Mawahdah dan Warohmah. Nilai-nilai membangun sebuah pernikahan, adalah sebagai berikut:
  1. Manusia makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu butuh pasangan.
  2. Terima kekurangan pasangan anda sebagaimana anda menerima kelebihannya.
  3. Manusia tidak ada yang sempurna, namun mencintai haruslah sempurna.
  4. Komunikasikan segala macam permasalahan dengan pasangan anda. Jujurlah pada pasangan anda, jangan ada yang ditutup-tutupi.
  5. Tanamkan nilai-nilai kesabaran dalam menjalankan komitmen. Kemudian berjanjilah "Saya tidak akan bercerai". Fikirkan betapa anda akan menyia-nyiakan do'a orang-orang yang mendo'akan&hadir di pernikahan anda.
  6. Jangan lupakan Allah dalam membina keluarga. Seringlah melakukan dzikir, do'a & sholat bersama. Mintalah petunjukNya agar keluarga yang anda bangun diberkahi.
Saya memang masih baru dalam membina rumah tangga, namun saya berharap semoga pandangan saya ini dapat menambah khasanah pengetahuan bagi anda yang akan memasuki dunia pernikahan.

Tidak ada komentar: