Ragam Tulisan

Sabtu, 12 November 2011

Rakornas APTIKOM 2011



Kota Batu, Jawa Timur, 10 Nopember 2011

 Kota Batu di Malang Jawa Timur pada tanggal 10 Nopember 2011 telah menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakornas APTIKOM 2011. Acara ini diikuti oleh peserta dari 12 wilayah kepengurusan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) atau Kopertis dari seluruh wilayah Indonesia.
Rakornas APTIKOM kali ini bertema Green Rakornas. Hal ini diusung oleh panitia karena seluruh kegiatan rakornas 2011 diselenggarakan di lokasi yang memiliki nuansa alam dan udara yang masih segar. Lokasinya tepatnya terletak di Klub Bunga Butik Resort, di kota Batu, Jawa Timur. Atmosfer di kota Batu diharapkan dapat memberikan suasana yang kondusif bagi seluruh peserta rakornas untuk membahas agenda-agenda APTIKOM. Selain itu, fasilitas-faslitas yang disediakan oleh Klub Bunga dapat dimanfaatkan oleh para peserta rakornas untuk refreshing, melepaskan lelah dari aktifitas sehari-hari di kota asal.
Rakornas APTIKOM tahun 2011 ini rencananya diselenggarakan pada tanggal 10-12 November 2011 dan sebagian besar kegiatannya dilaksanakan pada tanggal yang memiliki angka istimewa, yaitu 11-11-11 (11 November 2011). Rakornas APTIKOM 2011 ini diagendakan untuk membahas beberapa topik diantaranya:

  1.     Kurikulum (S1, S2, S3, dan vokasi)
  2.     Jurnal dan Majalah, Seminar dan konferensi
  3.     Standar Kompetensi Kerja (Profesi)
  4.     E-learning (Nexsus)
  5.     Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  6.     Manajemen mutu (BAN & BNSP)
  7.     Kerjasama dengan Pemangku Kepentingan
  8.     Internal Organisasi

Selain itu, akan diselenggarakan pula kegiatan lainnya seperti: ekspo, koordinasi untuk anggota APTIKOM (dikelompokkan berdasarkan wilayahnya), Konvensi dan Pakta APTIKOM yang bertepatan pada pukul 11.11 tanggal 11-11-2011, dan acara bebas untuk memberi kesempatan para peserta APTIKOM untuk memanfaatkan fasilitas resort.
Rakornas ini dibuka oleh ketua APTIKOM dan dilanjutkan dengan pelantikan kepengurusan APTIKOM 2011-2015. Kepengurusan yang telah terbentuk sebelas pengurus wilayah dari 12 kepengurusan ini seyogyanya akan menjadi perpanjangan tangan APTIKOM untuk mewujudkan tujuan dari APTIKOM dan memudahkan koordinasi diantara perguruan tinggi peserta APTIKOM.


Selain itu pembukaan Rakornas ini juga disemarakkan dengan penampilan kelompok Merdeka, mata kuliah Interpersonal dari ITS Surabaya. Mereka menampilkan sebuah karya seni berupa kabaret dengan membawakan cerita rakyat dari daerah Sumatera Barat yaitu Malin Kundang. Namun lain dari cerita biasanya, cerita rakyat yang dibawakan oleh kelompok Merdeka, mata kuliah Interpersonal ini dikemas dengan apik dan tidak membosankan. Dengan pembawaan yang ceria dan lucu tentu saja menaril antusiasme peserta melihat pentas seni kelompok ini. Apresiasi diberikan oleh seorang peserta rakornas setelah melihat kreasi yang dibawakan oleh kelompok Merdeka, mata kuliah Interpersonal ini, dosen ini berujar, “ Mahasiswa IT memang seharusnya tidak hanya pandai di depan komputer saja, namun juga harus pandai untuk tampil di depan umum. Hal ini diharapkan akan menyeimbangkan kualitas otak kanan dan otak kiri.”
Akhirnya setelah pentas kelompok Merdeka, mata kuliah Interpersonal usai. Maka acara Rakornas dilanjutkan kembali dan kelompok Merdeka, mata kuliah Interpersonal pun pulang ke kampus ITS Surabaya dengan membawa sebuah pengalaman berharga dari kota Batu, Malang.

Tidak ada komentar: